Hasil Barcelona vs Real Madrid, Piala Super Spanyol 2012, Leg Pertama, 24 Agustus 2012

piala super spanyol Hasil pertandingan Piala Super Spanyol 2012 Barcelona vs Real Madrid. Barcelona berhasil merraih kemenangan di leg pertama El Clasico kali ini dengan skor 3-2.

Sengit dan panas, ketika laga baru dimulai di menit menit awal. Xabi Alonso sudah dihadiahi kartu kuning karena menjegal Sergio Busquets.

Peluang pertama diperoleh oleh "Blaugrana" di menit ke-18. Sebuah tendangan Pique dari luar kotak penalti masih menyamping di sisi kanan gawang Iker Casillas. Tidak lama kemudian giliran, Lionel Messi memperoleh peluang terbaik. Namun, tendangan kaki kirinya hanya tipis dari tiang gawang Casillas.

Barcelona benar-benar memegang kendali penuh permainan. Sedangkan Madrid lebih banyak mengumpulkan para pemain di daerahnya, dan sesekali melancarkan serangan balik.

Sebuah penyelamatan dilakukan Casillas di menit ke-31 setelah berhasil menghadang tendangan keras Pedro Rodriguez. Kembali wasit mengeluarkan kartu kuning ke masing-masing tim setelah Alvaro Arbeloa melanggar Busquets, dan Javier Mascherano di kubu Barcelona menekel keras Fabio Coentrao. Skor babak pertama tetap 0-0 untuk kedua tim.

Pada babak kedua, pertandingan berjalan semakin panas. Kebuntuan laga tersebut baru terpecahkan pada menit ke-55. Madrid unggul lebih dulu lewat umpan pojok Mesut Oezil berhasil disundul oleh Cristiano Ronaldo yang menebol gawang Victor Valdes.

Namun skor ini tidak bertahan lama hanya selang dua menit Barcelona langsung membalas gol Ronaldo untuk membuat skor kembali sama 1-1. lewat tendangan menadatar Pedro Rodriguez yang menerima umpan umpan lambung Mascherano.

Pada menit ke-69, Barcelona mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Sergio Ramos melanggar Andres Iniesta yang sempat mengecohnya. Messi yang menjadi algojo sukses mengelabui Casillas yang bergerak ke arah berlawanan. Barcelona berbalik unggul 2-1 atas Madrid.

Xavi Hernandez kembali menambahkan pundi-pundi gol setelah berhasil menjebol gawang Madrid di menit ke-78. Gol ini tercipta lewat aksi Iniestayang melewati tiga hadangan pemain Madrid sebelum melepaskan umpan cantik kepada Xavi.

Jelang laga usai Real Madrid meraih keuntungan dan memperkecil skor menjadi 3-2. Gol ini tercipta setelah blunder yang dilakukan Victor Valdes usai menerima umpan back pass Adriano Correia, Valdes bermaksud mengecoh Di Maria yang mengejarnya. Malang, Di Maria mampu membaca gerak tipu Valdes dan tanpa kesulitan merebut untuk kemudian menyarangkan bola ke gawang yang kosong melompong.

Pertandingan pun berakhir 3-2 untuk kemenangan Barcelona. Meski kalah, "Los Blancos" cukup diuntungkan karena berhasil mencetak dua gol di laga tandang. Pada 30 Agustus 2012, gantian Madrid yang menjamu Barcelona pada leg kedua di Santiago Bernabeu dan hanya membutuhkan kemenangan minimal 1-0 atau 2-1.